ISD sebagai MKDU
|
||
1.1 Pengertian
dan tujuan ISD dan IPS
|
1.2 ISD dan IPS
|
1.3 Ruang Lingkup
ISD
|
·
Pengertian ISD adalah ilmu-ilmu yang
mempelajari tentang sosial yang
digunakan dalam pendekatan sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk
memecahkan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan
bermasyarakat, dengan menggunakan fakta, konsep dan teori-teori yang berasal
dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial.
·
ISD
mempunyai tujuan yaitu untuk pengembangan, memahami dan menyadari adanya
kenyataan-kenyatan sosial dan masalah-masalah sosial yang da dalm masyarakat,
peka terhadap masalah-masalah yang ada disekitar lingkungan dan ikut serta
dalam mencegah dan menanggulanginya.
|
ISD dan IPS
memiliki beberapa kesamaan dan perbedaan berikut diantaranya :
·
Persamaan ISD dan IPS sama-sama mempelajari
ilmu-ilmu yang berhubungan dengan masyarakat dan hampir memiliki ruang
lingkup yang sama dalam kemasyarakatan. Juga, merupakan bahan studi untuk
program pengajaran, dan keduanaya terdiri dari kenyataan dan masalah sosial.
·
Perbedaan ISD dan IPS
1.
Ilmu sosial dasar dibrikan
di perguruan tinggi, sedangkan IPS diberikan di SD hingga SMA
2. ISD merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan IPS terdiri sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan). 3. ISD diarahkan untuk pembentukan sikap, sedangkan IPS diarahkan untuk pembentukan keterampilan. |
· Berbagai
kenyataan yang bersama-sama merupakan masalah sosial yang dapat ditanggapi
dengan pendekatan sendiri maupun sebagai pendekatan gabungan.
· Adanya
keanekaragaman golongan dan kesatuan sosial lain dalam masyarakat yang
masing-masing mempunyai kepentingan kebutuhan serta pola-pola pemikiran dan
pola-pola tingkah laku sendiri, karena banyaknya perbedaan menyebabkan adanya
pertentangan maupun hubungan setia kawan dan kerja sama dalam masyarakat
kita.
Dengan begitu mata
kuliah Ilmu sosial dasar adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan
pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan
untuk mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran
mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan sehingga
kepekaan mahasiswa pa lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
|
·
Pengertian IPS adalah ilmu suatu program
pendidikan dan bukan sub-disiplin ilmu tersendiri, sehingga tidak akan
ditemukan baik dalam nomenklatur filsafat ilmu, disiplin ilmu-ilmu sosial
(social science), maupun ilmu pendidikan. Social Scence Education Council
(SSEC) dan National Council for Social Studies (NCSS), menyebut IPS sebagai
“Social Science Education” dan “Social Studies”. Dengan kata lain, IPS
mengikuti cara pandang yang bersifat terpadu dari sejumlah mata pelajaran
seperti: geografi, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, sejarah, antropologi,
psikologi, sosiologi, dan sebagainya.
·
IPS
mempunyai tujuan yaitu membekali
peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan
masyarakat, Membekali peserta didik dengan kemampuan mengidentifikasi,
menganalisis, dan menyusun alternatif pemecahan masalah sosial yang terjadi
dalam kehidupan di masyarakat, membekali peserta didik dengan kemampuan
berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan dengan berbagai bidang
keilmuan serta berbagai keahlian, membekali peserta didik dengan kesadaran,
sikap mental yang positif, dan hidup yang menjadi bagian kehidupannya yang
tidak terpisahkan, membekali peserta didik dengan kemampuan mengembangkan
pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembangan kehidupan,
perkembangan ilmu dan teknologi
|
|
|
Sumber :
Soelaeman, M.
Munandar. Ir. ILMU SOSIAL DASAR (teori dan konsep). Bandung. 1986
http://kingofsardi.blogspot.com/2012/11/tugas-isd-rangkuman-bab-1-10.html
http://kingofsardi.blogspot.com/2012/11/tugas-isd-rangkuman-bab-1-10.html
http://putrasinambela.wordpress.com/2013/10/01/pengertian-tujuan-isd-ruamg-lingkup-isd-persamaan-isd-dan-ips/http://dilladevellin.blogspot.com/2012/10/pengertian-tujuan-isd-dan-ips.htmlhttp://safika19.blogspot.com/2013/10/resume-buku-ilmu-sosial-dasar.html
Pertanyaan
:
1.
Apa
pengertian ISD ?
Jawab
: ilmu-ilmu yang mempelajari tentang
sosial yang digunakan dalam pendekatan sekaligus sebagai sarana jalan keluar
untuk memecahkan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan
bermasyarakat, dengan menggunakan fakta, konsep dan teori-teori yang berasal
dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial.
2.
Apa
pengertian IPS ?
Jawab
: ilmu suatu program pendidikan dan bukan sub-disiplin ilmu tersendiri,
sehingga tidak akan ditemukan baik dalam nomenklatur filsafat ilmu, disiplin
ilmu-ilmu sosial (social science), maupun ilmu pendidikan. Social Scence
Education Council (SSEC) dan National Council for Social Studies (NCSS),
menyebut IPS sebagai “Social Science Education” dan “Social Studies”. Dengan
kata lain, IPS mengikuti cara pandang yang bersifat terpadu dari sejumlah mata
pelajaran seperti: geografi, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, sejarah,
antropologi, psikologi, sosiologi, dan sebagainya.
3.
Apa
persamaan ISD dan IPS ?
Jawab
: sama-sama mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan masyarakat dan hampir
memiliki ruang lingkup yang sama dalam kemasyarakatan. Juga, merupakan bahan
studi untuk program pengajaran, dan keduanaya terdiri dari kenyataan dan
masalah sosial.
4.
Apa
perbedaan ISD dan IPS ?
Jawab
: 1. Ilmu sosial dasar
dibrikan di perguruan tinggi, sedangkan IPS diberikan di SD hingga SMA
2. ISD merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan IPS terdiri sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
3. ISD diarahkan untuk pembentukan sikap, sedangkan IPS diarahkan untuk pembentukan keterampilan.
2. ISD merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan IPS terdiri sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
3. ISD diarahkan untuk pembentukan sikap, sedangkan IPS diarahkan untuk pembentukan keterampilan.
5.
Apa
tujuan ISD ?
Jawab
: untuk pengembangan, memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyatan sosial
dan masalah-masalah sosial yang da dalm masyarakat, peka terhadap
masalah-masalah yang ada disekitar lingkungan dan ikut serta dalam mencegah dan
menanggulanginya
NAMA : NUR AULIA RAHMAH
NPM :16613598
2SA02
Tidak ada komentar:
Posting Komentar