Rabu, 08 Oktober 2014

ISD sebagai MKDU

ISD sebagai MKDU
1.1 Pengertian dan tujuan ISD dan IPS
1.2 ISD dan IPS
1.3 Ruang Lingkup ISD
·         Pengertian ISD adalah ilmu-ilmu yang mempelajari  tentang sosial yang digunakan dalam pendekatan sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk memecahkan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan bermasyarakat, dengan menggunakan fakta, konsep dan teori-teori yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial.
·         ISD mempunyai tujuan yaitu untuk pengembangan, memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyatan sosial dan masalah-masalah sosial yang da dalm masyarakat, peka terhadap masalah-masalah yang ada disekitar lingkungan dan ikut serta dalam mencegah dan menanggulanginya.
ISD dan IPS memiliki beberapa kesamaan dan perbedaan berikut diantaranya :
·         Persamaan ISD dan IPS sama-sama mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan masyarakat dan hampir memiliki ruang lingkup yang sama dalam kemasyarakatan. Juga, merupakan bahan studi untuk program pengajaran, dan keduanaya terdiri dari kenyataan dan masalah sosial.
·         Perbedaan ISD dan IPS
1.  Ilmu sosial dasar dibrikan di perguruan tinggi, sedangkan IPS diberikan di SD hingga SMA
2.    ISD merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan IPS terdiri sejumlah mata pelajaran    (untuk sekolah lanjutan).
3.    ISD diarahkan untuk pembentukan sikap, sedangkan IPS diarahkan untuk pembentukan keterampilan.
·         Berbagai kenyataan yang bersama-sama merupakan masalah sosial yang dapat ditanggapi dengan pendekatan sendiri maupun sebagai pendekatan gabungan.
·         Adanya keanekaragaman golongan dan kesatuan sosial lain dalam masyarakat yang masing-masing mempunyai kepentingan kebutuhan serta pola-pola pemikiran dan pola-pola tingkah laku sendiri, karena banyaknya perbedaan menyebabkan adanya pertentangan maupun hubungan setia kawan dan kerja sama dalam masyarakat kita.
Dengan begitu mata kuliah Ilmu sosial dasar adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan sehingga kepekaan mahasiswa pa lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.

·         Pengertian IPS adalah ilmu suatu program pendidikan dan bukan sub-disiplin ilmu tersendiri, sehingga tidak akan ditemukan baik dalam nomenklatur filsafat ilmu, disiplin ilmu-ilmu sosial (social science), maupun ilmu pendidikan. Social Scence Education Council (SSEC) dan National Council for Social Studies (NCSS), menyebut IPS sebagai “Social Science Education” dan “Social Studies”. Dengan kata lain, IPS mengikuti cara pandang yang bersifat terpadu dari sejumlah mata pelajaran seperti: geografi, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, sejarah, antropologi, psikologi, sosiologi, dan sebagainya.
·         IPS mempunyai tujuan yaitu  membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan masyarakat, Membekali peserta didik dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, dan menyusun alternatif pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat, membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan dengan berbagai bidang keilmuan serta berbagai keahlian, membekali peserta didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif, dan hidup yang menjadi bagian kehidupannya yang tidak terpisahkan, membekali peserta didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembangan kehidupan, perkembangan ilmu dan teknologi


   

Sumber :
Soelaeman, M. Munandar. Ir. ILMU SOSIAL DASAR (teori dan konsep). Bandung. 1986
http://kingofsardi.blogspot.com/2012/11/tugas-isd-rangkuman-bab-1-10.html

Pertanyaan :
1.       Apa pengertian ISD ?
Jawab : ilmu-ilmu yang mempelajari  tentang sosial yang digunakan dalam pendekatan sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk memecahkan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan bermasyarakat, dengan menggunakan fakta, konsep dan teori-teori yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial.
2.       Apa pengertian IPS ?
Jawab : ilmu suatu program pendidikan dan bukan sub-disiplin ilmu tersendiri, sehingga tidak akan ditemukan baik dalam nomenklatur filsafat ilmu, disiplin ilmu-ilmu sosial (social science), maupun ilmu pendidikan. Social Scence Education Council (SSEC) dan National Council for Social Studies (NCSS), menyebut IPS sebagai “Social Science Education” dan “Social Studies”. Dengan kata lain, IPS mengikuti cara pandang yang bersifat terpadu dari sejumlah mata pelajaran seperti: geografi, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, sejarah, antropologi, psikologi, sosiologi, dan sebagainya.
3.       Apa persamaan ISD dan IPS ?
Jawab : sama-sama mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan masyarakat dan hampir memiliki ruang lingkup yang sama dalam kemasyarakatan. Juga, merupakan bahan studi untuk program pengajaran, dan keduanaya terdiri dari kenyataan dan masalah sosial.
4.       Apa perbedaan ISD dan IPS ?
Jawab : 1.  Ilmu sosial dasar dibrikan di perguruan tinggi, sedangkan IPS diberikan di SD hingga SMA
2.    ISD merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan IPS terdiri sejumlah mata pelajaran    (untuk sekolah lanjutan).
3.    ISD diarahkan untuk pembentukan sikap, sedangkan IPS diarahkan untuk pembentukan keterampilan.
5.       Apa tujuan ISD ?

Jawab : untuk pengembangan, memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyatan sosial dan masalah-masalah sosial yang da dalm masyarakat, peka terhadap masalah-masalah yang ada disekitar lingkungan dan ikut serta dalam mencegah dan menanggulanginya



NAMA :  NUR AULIA RAHMAH
NPM :16613598
2SA02

Tidak ada komentar:

Posting Komentar